PENGERTIAN
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar
secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan
peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah
penting di dalam bisnis dan pemasaran.
Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan
tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan
produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan
minat dan kebutuhan konsumen.
Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
MANFAAT
SEGMENTASI PASAR
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
1. Perusahaan akan dapat
mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam
pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk
yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan
kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana
promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmenyang diperkirakan
akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk
mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi
pasar cukup besar.
ANALISIS DEMOGRAFI
Analisis Demografi adalah analisis penduduk dari
rahim hingga liang kubur (from thewomb to the tomb) karena meliputi analisis
penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia sejak dari kandungan
sampai meninggal.
MANFAAT ANALISIS DEMOGRAFI
1.
Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalamsuatu daerah
tertentu.
2.
Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masalampau,
kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan dengan data yang
tersedia.
3.
Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk
dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan
lain-lain.
4.
Memperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksipenduduk) pada masa
yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar