PENGERTIAN
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan,
dan pengevaluasian produk
dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen,
Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Proses
pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yaitu :
1.
pengenalan
kebutuhan,
Inividu dalam menentukan barang yang akan dibeli pasti
akan mempertimbangkan faktor kebutuhan bagi inividu tersebut, contohnya
individu pasti membutuhkan sesuatu,misalkan makan,minum,dll. Sehingga inividu
tersebut cenderung mendahulukan keinginannya kepada sesuatu yang paling ia
butuhkan.
2.
pencarian informasi,
sebelum mengambil keputusan untuk membeli pasti kita akan
melakukan pencarian informasi terhadap barang yang akan kita beli. maupun dari
segi merek, kualitasnya ataupun harga dari barang tersebut. Proses ini guna
lebih meyakinkan kita untuk membeli suatu produk atau barang.
3.
pengevaluasian
alternatif,
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai
merek dan harga yang bervariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat
alternative yang akan diambil oleh individu tersebut
4.
keputusan pembelian,
dan
keputusan pembelian ini diambil setelah seseorang telah
melakukan pencarian informasi ataupun pengevaluasian terhadap suatu produk yang
akan dibeli. Setelah inividu telah benar-benar yakin terhadap kualitas dari
barang tersebut maka pembeli proses pembelian saat itu dapat di dipenuhi.
5. perilaku setelah pembelian
Dengan pembelian yang sudah terjadi maka individu berhak menentukan tingkat kepuasan yang ia dapat setelah melakukan proses pembelian,jika individu sebagai konsumen terpuaskan akan produk tersebut maka ini menjadi hal positif bagi pemasaran merk atau produk yang telah terjual,namun apabila hasil kepuasan tersebut mengecewakan maka dipastikan penjualan dari merk atau produk tersebut akan menurun.
Dengan pembelian yang sudah terjadi maka individu berhak menentukan tingkat kepuasan yang ia dapat setelah melakukan proses pembelian,jika individu sebagai konsumen terpuaskan akan produk tersebut maka ini menjadi hal positif bagi pemasaran merk atau produk yang telah terjual,namun apabila hasil kepuasan tersebut mengecewakan maka dipastikan penjualan dari merk atau produk tersebut akan menurun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar