Sabtu, 12 Juli 2014

TUGAS 6, BAHASA INDONESIA 2

FANY NUR HIKMAH
JL. Jati jajar 2 RT 001 RW 006 No. 24
Tapos 16955


Depok,  July 08, 2014
Attention To :
Human Resources Departement

Dear Sir/Madam,
Having known about vacancy at your company, I am interested in the position of Receptionist.
I am 21 years old female, having skill in reception while 1 years, and also operating computer. I am a hard worker, able to work in individual and in team.
I would glady welcome and opportunity to have interview with you at your convenience. I hope my skills can be one of your company’s assest, I am looking forward to hearing from you in the near future.

Than you for your consideration and attension.

Sincerely yours,


Fany Nur Hikmah


CURRICULUM VITAE

I.        PERSONAL DETAILS
Name                              : Fany Nur Hikmah
          Place, Date of Birth         : Bogor, Februari 11, 1993
          Mailing address               : Kp. Jati jajar 2 Rt 001 Rw 06 No. 24
                                                Kel.Jati jajar Kec.Tapos
                                  Tapos 16955
          Gender                            : Female
          Marital Status                : Single
          Religion                           : Islam
          Contact Number              : 08777881189
          Email                               : Fany.nurhikmah@gmail.com
II.      EDUCATION DETAILS
1.     1999  – 2005 State Elementary High School Suka Maju Baru 3
2.    2005 – 2008 State Junior High School Yapemri
3.    2008 – 2011 State Senior High School Yapemri

III.    ON THE JOB / COURSE
1.     October 2011 – March 2012 at Asmi Education Center. Education and Coaching “SMK Plus” the expertise of a secretary.
2.    September 2012-2013 present at PT. Midplaza Prima the position of Receptionist.

IV.      JOB THE DESCRIPTION
Receiving guests in the lobby, car call, receiving telephone, receiving invoice, set the meeting room, make a report.

This is to state the above information is true and provided here by me, all in good faith.




Jakarta,18 Juni 2014
Kepada Yth :
Bapak/Ibu Personalia
Di
Tempat
Dengan Hormat
Berdasarkan informaadsi yang saya terima bahawa saat ini perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagi karyawan. Oleh Karna itu Saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.
Adapun data-data saya sebagai berikut  :
Nama                                                    :  Fany Nur Hikmah
Tempat/Tgl Lahir                              :  Bogor, 11-02-1993
Jenis Kelamin                                     :  Perempuan
Agama                                                  :  Islam
Alamat                                                  :  Kp. Jatijajar. Rt  001/06 No.24 Kel.Jatijajar . Kec.Tapos
No Hp                                                   :  08777881189
Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk dapt diterima sebagai karyawan di peruusahaan yang bapak/ibu pimpin. Sebagai bahan pertimabangan bersama ini berikut saya lampirkan :
1.       Daftar Riwayat Hidup
2.       Foto copy Ijazah
3.       Foto copy KTP
4.       Pas foto
Demikian lamaran ini saya buat dengan sebenar-benar nya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya


Fany Nur Hikmah            





DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama                                    :  Fany Nur Hikmah
Tempat / Tgl Lahir            :  Bogor, 11-02-1993
Jenis Kelamin                     :  Perempuan
Agama                                  :  Islam
Alamat                                  :  Kp.Jatijajar Rt.001/06 No.24 Kel. Jatijajar. Kec.Tapos
No HP                                   :   08777881189

PENDIDIKAN
1.Tamatan SDN SUKAMAJU BARU 3 Tahun 1999-2005 Berijazah
2. Tamatan SMP YAPEMRI DEPOK Tahun 2005-2008 Berijazah
3. Tamatan SMK YAPEMRI DEPOK Tahun 2008-2011 Berijazah

Demikian Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas Perhatian sebelum dan sesudah saya ucapkan terimakasih.

Jakarta ,18 Juni 2014

Hormat  Saya





Fany Nur Hikmah

Rabu, 11 Juni 2014

TUGAS 5, BAHASA INDONESIA 2


SENI DAN TRADISI BUDAYA BETAWI
Orang Betawi bercakap dalam bahasa Melayu, mereka menyebut dirinya sebagai orang Betawi atau orang selam. Komunitas Betawi , diurus oleh empat Kumendan (comandant), seorang hooefdjaksa, empat orang ajun-jaksa, dan dua belas ajudan.  Dibawah ajudan ada Bek, atau Wijkmeester (kepala kampung). Tuan Bek dibantu seorang Tuwide, dan dua orang serean.
Mereka yang berpangkat ajudan ke atas sehari-harinya mengenakan celana dan baju laken, kain sarungnya dilipat keatas setinggi lutut, dan bersepatu. Bajunya pada bagian leher dan lengan diberi pelisir renda. Lebar sempitnya renda mengindifikasi tinggi rendahnya pangkat yang bersnagkutan. Mengenakan ikat kepala (setangan, RS) yang disebut  bungkus kul, tetapi tidak mengenakan keris.  Tuan Bek , dan bawahannya, mengenakan celana panjang, sarung dilipat ke atas sampai lutut. Memakai ikat pinggang lebar. Bajunya berpotongan setengah jas, ikat kepala bergaya  bungkus kul, tidak bersepatu, tapi memakai ceripu, dan juga membawa keris. Ciri khas Tuan Bek adalah memakai arloji rantai.
Wanita Betawi berpakaian seperti Nyai, kainnya sarung sutera, memakai pending, tidak memakai kemben-selendang penutup dada. Berkebaya besar kedombrongan yang dilengkapi peniti, dan memakai subang kerabu. Rambut disanggul gaya ekor bebek, atau ekor udang, dengan tusuk konde. Yang kaya mengenakan selop berbenang emas, atau berbunga-bunga. 
Ngarak Penagnten
Mempelai laki-laki berjubah dan bersorban seperti khatib Jum’at, dan di tambah dengan aksesori. Jubah dan sorbannya berenda, selendang sutera berbunga-bunga dililit dileher, dan masih lagi berkalung bunga. Mengenakan celana dibuat dari batik, atau sutera yang dihiasi benang emas. Penganten laki-laki menunggang kuda kecil dan  jinak yang dituntun. Jenis kuda tunggangnya sama dengan kuda Hela Kahar (semacam sado).
Perempuannya didandani seperti penganten Cina. Memakai gelang, kalung, anting-anting, dan kelat-bau (sejenis gelang yang dikenakan di bahu, serta sumping aksesoris terbuat dari kulit atau karton yang dilekatkan di daun telinga). Penganten perempuan duduk di atas tandu  berbentuk mesjid yang dipanggul empat orang.


Formasi prosesi adalah sebagai berikut:
1.      Unit pertama adalah sepasang ondel-ondel.
2.      Unit kedua barisan remaja pesilat berseragam membawa senjata Cina yang bernama toya.
3.      Unit ketiga adalah barisan santri yang menabuh rebana sambil membaca selawat.
4.      Unit keempat adalah penganten pria.
5.      Unit kelima adalah regu musik tanjidor.
6.      Unit keenam adalah kelompok musik tradisional Betawi dengan instrumen gendang, ketipung, kempul, gong, dan kenong.
7.      Unit ketujuhh adalah penganten perempuan.
8.      Unit kedelapan adalah pengiring penganten perempuan, atau dalam bahasa Betawi disebut pengejek. Jika arak-arakan sudah kembali pulang , mereka duduk bersanding  di puade, yaitu kursi yang berhiass bunga-bunga kertas.
Nilai falsafi yang terkandung dalam formasi prosesi penganten adalah, penempatan. Ondel-ondel  berfungsi sebagai penyapu ranjau makhluk halus yang  mungkin akan mengganggu upacara. Dalam weltanschuung orang Betawi, ada susunan kekuatan supra natural, yang disimbolisasi pada keberadaan makhluk halus, yang mempengaruhi kehidupan manusia. Orang Betawi tidak mempercayai bahwa sesuatu benda itu mengandung kekuatan gaib. Tapi mereka yakin bahwa kekuatan supra natural itu ada dan perlu diajak berdamai agar tidak mengganggu.
Orang betawi tidak semua yakin bahwa dalam benda-benda tertentu seperti keris, batu cincin, dan jimat itu ada mananya. Itulah sebabnya orang betawi tidak punya keris. Mereka ada yng menyukai batu cincin sekedar untuk aksesori saja, dan disukai  adalah batu akik hitam yang besarnya seperti telur burung. Bendda sejenis  batu cincin tidak dianggap bertuah, padanan kata tuahtidak ada dalam bahasa Betawi.istilah Betawi yang menyerupai ‘tuah’ adalah ‘wisit’, membawa kemujuran, dan ‘asian’ dapat disamakan dengan awet.
Senjata untuk membela diri menurut cara Betawi adalah :
1.      Pisau Serut/ piso raut yang cara membawanya bergaya Hadramaut yaitu disisipkan di perut.
2.      Golok
3.      Toya
4.      Cukin, yaitu sepotong kain yang mempunyai multi-guna. Cukindipakainya dengan dililitkan dipinggang, atau diselempangkan dileher. Cukin berfungsi untuk alas shalat, menguatkan gigi dengan cara menggigit cukin yang basah, menarik golok , yaitu menyambar golok dari tangan lawan, dan terakhir untuk ikat pinggang.

Benyamin dalam perspektif kebudayaan Betawi
Memperingati Benyamin Su’eb, berarti mengenang seorang seniman Betawi dengan bobot Nasional, bahkan regional. Karena nama penyanyi, pelawak, bintang film dan sinetron ini juga dikenal dinegara jiran malaysia dan Brunei. Melejitnya Benyamin dalam blantika hiburan Indonesia tidak Cuma  didukung oleh bakatnya yang cemerlang dalam seni vokal dan acting. Tetapi kemampuannya yang mencengangkan dalam memberi warna Betawi dalam ekspresi seninya justru merupakan kata kunci keberhasilan Benyamin.
Ciri budaya Betawi  yang paling menonjl adalah humornya yang spontan dengan menggunakan metapora yang mengandung kejutan serta gaya penuturan yang tidak membosankan. Artikulasi huor yang khas itu berangkat dari tradisi ‘ngerahul’, yaitu kebiasaan anak-anak Betawi untuk membuat kisah-kisah jenaka yang dituturkan dilingkungan kerabat sekedar untuk mengahalau kejenuhan. Dalam humor Betawi versi tukang cerita Haji Ja’it, atau cerita kocak Firman Muntaco, atau syair lagu Benyamin. Ada kesan iseng, tapi keisengan yang menghibur.
Kesimpulan
Kebudayaan Betawi makin luas  melebihi wilayah administrasinya. Dan orang Betawi itu merupakan inti masyarakat Jakarta, sebagaimana dikatakan oleh Presiden Soeharto. Bagi masyarakat luas, sifat yang paling menonjol dari orang Betawi adalah seleranya yang tinggi terhadap humor. Boleh dikatakan, tidak ada orang Betawi, baik tua maupun muda,  baik perempuan maupun laki-laki, yang tidak dapat melucu. Bias-bias humor itu terasa pada setiap bentuk komunikasi orang Betawi, sekalipun dalam memberi nasehat yang mestinya 100% serius.
Pantun dibawah ini berisi nasehat agar anak-anak, atau siapapun, tidak kentut sembarangan , maka nasehat berpantun nasehat itupun tidak luput dari nuasa kocak. Begini bunyinya.
Dang-dang tut
Akar galang-galing
Siape nyang kentut
Ditembak raja maling
Demikianlah sifat koocak orang Betawi. Kelucuan itu membangun optimisme dalam menghadapi kehidupan. Kelucuan itu suatu bumbu, bukan karakter.

TUGAS 4, BAHASA INDONESIA


KITA ADALAH PEMILIK SAH REPUBLIK INI
Karya : Taufiq Ismail


Tidak ada pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus
Karena berhenti atau mundur
Berarti hancur
Apakah akan kita jual keyakinan kita
Dalam pengabdian tanpa harga
Akan maukah kita duduk satu meja
Dengan para pembunuh tahun yang lalu
Dalam setiap kalimat yang berakhiran
"Duli Tuanku ?"

Tidak ada lagi pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus
Kita adalah manusia bermata sayu, yang di tepi jalan
Mengacungkan tangan untuk oplet dan bus yang penuh
Kita adalah berpuluh juta yang bertahun hidup sengsara
Dipukul banjir, gunung api, kutuk dan hama
Dan bertanya-tanya inikah yang namanya merdeka
Kita yang tidak punya kepentingan dengan seribu slogan
Dan seribu pengeras suara yang hampa suara
Tidak ada lagi pilihan lain
Kita harus
Berjalan terus.

1966


http://www.youtube.com/watch?v=BxMK5I9V-l4&feature=youtu.be

Selasa, 29 April 2014

TUGAS 3, BAHASA INDONESIA 2

BIOGRAFI LENGKAP B.J HABIBIE

Description: Biodata B.J. Habibie
                                                                                     
Nama Lengkap                                        : Prof. Dr. Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie
Tempat/Tanggal Lahir                             : Pare-pare / 25 Juni 1936
Agama                                                     : Islam
Kebangsaan                                              : Indonesia dan Jerman
Nama Ayah                                             : Alwi Abdul Jalil Habibie
Nama Ibu                                                 : R.A. Tuti Marini Puspowardojo
Nama Istri                                               : Hasri Ainun
Menikah Tanggal                                     : 12 Mei 1962
Nama Anak                                             : Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie
Pendidikan   :
Ø  S1 pada tahun 1954 : Institut Teknologi Bandung, Jurusan Teknologi Penerbangan – di Indonesia
Ø  S2 pada tahun 1955 – 1960 : Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Jurusan Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang – di Aachen, Jerman
Ø  S3 pada tahun 1960 – 1965 : Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Jurusan Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang – di Aachen, Jerman


Salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia dan juga Presiden ketiga Republik Indonesia, dialah Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas ketika masih menduduki sekolah dasar, namun ia harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung saat ia sedang shalat Isya.

Tak lama setelah ayahnya meninggal, Ibunya kemudian menjual rumah dan kendaraannya dan pindah ke Bandung bersama Habibie, sepeninggal ayahnya, ibunya membanting tulang membiayai kehidupan anak-anaknya terutama Habibie, karena kemauan untuk belajar Habibie kemudian menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.

Karena kecerdasannya, Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk di ITB (Institut Teknologi Bandung), Ia tidak sampai selesai disana karena beliau mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan kuliahnya di Jerman, karena mengingat pesan Bung Karno tentang pentingnya Dirgantara dan penerbangan bagi Indonesia maka ia memilih jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di  Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH) Ketika sampai di Jerman, beliau sudah bertekad untuk sunguh-sungguh dirantau dan harus sukses, dengan mengingat jerih payah ibunya yang membiayai kuliah dan kehidupannya sehari-hari. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1955 di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberikan beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau atau swasta dari pada teman-temannya yang lain. Musim liburan bukan liburan bagi beliau justru kesempatan emas yang harus diisi dengan ujian dan mencari uang untuk membeli buku. Sehabis masa libur, semua kegiatan disampingkan kecuali belajar. Berbeda dengan teman-temannya yang lain, mereka; lebih banyak menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman dan uang tanpa mengikuti ujian.



Beliau mendapat gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 dengan predikat Cumlaude (Sempurna) dengan nilai rata-rata 9,5, Dengan gelar insinyur, beliau mendaftar diri untuk bekerja di Firma Talbot, sebuah industri kereta api Jerman. Pada saat itu Firma Talbot membutuhkan sebuah wagon yang bervolume besar untuk mengangkut barang-barang yang ringan tapi volumenya besar. Talbot membutuhkan 1000 wagon. Mendapat persoalan seperti itu, Habibie mencoba mengaplikasikan cara-cara kontruksi membuat sayap pesawat terbang yang ia terapkan pada wagon dan akhirnya berhasil.

Setelah itu beliau kemudian melanjutkan studinya untuk gelar Doktor di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean kemudian Habibie menikah pada tahun 1962 dengan Hasri Ainun Habibie yang kemudian diboyong ke Jerman, hidupnya makin keras, di pagi-pagi sekali Habibie terkadang harus berjalan kaki cepat ke tempat kerjanya yang jauh untuk menghemat kebutuhan hidupnya kemudian pulang pada malam hari dan belajar untuk kuliahnya, Istrinya Nyonya Hasri Ainun Habibie harus mengantri di tempat pencucian umum untuk mencuci baju untuk menghemat kebutuhan hidup keluarga. Pada tahun 1965 Habibie mendapatkan gelar Dr. Ingenieur dengan penilaian summa cumlaude (Sangat sempurna) dengan nilai rata-rata 10 dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean.

Rumus yang di temukan oleh Habibie dinamai "Faktor Habibie" karena bisa menghitung keretakan atau krack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang sehingga ia di juluki sebagai "Mr. Crack". Pada tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung. dari tempat yang sama tahun 1965. Kejeniusan dan prestasi inilah yang mengantarkan Habibie diakui lembaga internasional di antaranya, Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman, The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de l'Air et de l'Espace (Prancis) dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat). Sementara itu penghargaan bergensi yang pernah diraih Habibie di antaranya, Edward Warner Award dan Award von Karman yang hampir setara dengan Hadiah Nobel. Di dalam negeri, Habibie mendapat penghargaan tertinggi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana.



Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.


            http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-bj-habibie.html

Senin, 31 Maret 2014

TUGAS 2, BAHASA INDONESIA 2

Dana Kartu Jakarta Pintar Rawan Di-tilep
Indonesian Corruption Watch (ICW) menemukan adanya penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang tidak memegang buku rekening dana KJP. Buku rekening dan PIN hanya diketahui guru dan komite sekolah.

Peneliti ICW Bidang Monitoring Pelayanan Publik, Siti Juliantari, mengatakan hal itu tentu bermasalah karena seharusnya buku rekening dan PIN dipegang orang tua murid dan digunakan saat pencairan dana KJP.

"Ini memicu adanya pungli dari pihak tertentu karena mengetahui buku dan PIN rekening tersebut," kata dia, di Jakarta, Senin (31/3/2014).

Terlebih, lanjut Siti, tidak ada kejelasan mengenai waktu pencairan dana dari Pemprov DKI semakin memperbesar peluang penyalahgunaan dana KJP oleh oknum tertentu.

"Pencairan dana enggak jelas apa setiap tiga bulan, tanggal berapa. Kantidak ada sosialisasi mengenai itu," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK), Eni, menilai selain itu, siswa penerima KJP kesulitan menerima dana karena ruwetnya birokrasi.

"Kurang transparansi, tidak ada sosialisasi, dan informasi. Sulit dapat dana KJP itu, harus lewat RT, RW, kecamatan kemudian membeli materai. Itu pun tidak hanya sekali tetapi harus beberapa kali," jelasnya.
Anggota Koalisi Pendidikan, Jimmy Paat, menilai program Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang digagas Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, berangkat dari asumsi yang keliru. Pasalnya, data yang dipegang pemerintah berbeda dengan data di lapangan.

"Mereka juga berasumsi guru-guru bisa membantu meningkatkan pendidikan, tapi asumsi itu salah karena kenyataannya di lapangan dana KJP dipotong sekolah. KJP berangkat dari asumsi yang keliru," kata  Jimmy, di Cikini, Jakarta, Senin (31/3/2014).

Jimmy menjelaskan, KJP telah mereduksi seluruh kebutuhan pendidikan menjadi empat kebutuhan seperti transportasi sekolah, buku, seragam, juga tambahan makan minum.

"Ini juga salah asumsinya, karena kebutuhannya tidak hanya itu. Hampir Rp1 triliun anggaran KJP ini hanya terbuang karena program ini asumsinya keliru,"  jelas Jimmy.

Lebih lanjut, Jimmy mengharapkan, Pemprov DKI bisa segera membuatsistem pendidikan yang lebih baik lagi.

"Kami memang mendorong untuk membantu orang miskin mendapatkan akses pendidikan, tapi harus dipikirkan model dan bentuk program karena KJP salah arah," tukasnya. (trk)
SUMBER :

http://jakarta.okezone.com/

TUGAS 1, BAHASA INDONESIA 2


1.      Jelaskan konsep “penalaran” menurut anda !
Konsep penalaran adalah aktivitas pikiran yang abstrak, Simbol yang digunakan dalam penalaran berbentuk bahasa, sehingga wujud penalaran  akan berupa argumen. 
2.      Bagaimana wujud dari evidensi !
Pada hakikatnya evidensi adalah semua yang ada semua kesaksian,semua informasi,atau autoritas yang dihubungkan untuk membuktikan suatu kebenaran, fakta dalam kedudukan sebagai evidensi tidak boleh dicampur adukan dengan apa yang di kenal sebagai pernyataan atau penegasan. Dalam wujud yang paling rendah. Evidensi itu berbentuk data atau informasi. Yang di maksud dengan data atau informasi adlah bahan keterangan yang di peroleh dari suatu sumber tertentu.
·         Fakta Evidensi merupakan semua fakta yang ada yang dihubungkan untuk membuktikan suatu kebenaran, Fakta dalam kedudukan sebagai evidensi tidak boleh digabung dengan apa yang dikenal sebagai pernyataan atau penegasan.
·         Data evidensi Dalam wujud yang paling rendah evidensi itu berbentuk data atau informasi. Yang dimaksud dengan data atau informasi adalah bahan keterangan yang diperoleh dari suatu sumber tertentu.
3.      Jelaskan dan berikan contoh cara menguji  data dan cara menguji  fakta  dan cara menilai autoritas !
Cara menguji data, fakta dan autoritas
Cara menguji data
Data dan informasi yang digunakan dalam penalaran harus merupakan fakta. Oleh karena itu perlu diadakan pengujian melalui cara-cara tertentu sehingga bahan-bahan yang merupakan fakta itu siap digunakan sebagai evidensi. Dibawah ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk pengujian tersebut.
1. Observasi
2. Kesaksian
3. Autoritas
v  Cara menguji fakta
Untuk menetapkan apakah data atau informasi yang kita peroleh itu merupakan fakta, maka harus diadakan penilaian. Penilaian tersebut baru merupakan penilaian tingkat pertama untuk mendapatkan keyakitan bahwa semua bahan itu adalah fakta, sesudah itu pengarang atau penulis harus mengadakan penilaian tingkat kedua yaitu dari semua fakta tersebut dapat digunakan sehingga benar-benar memperkuat kesimpulan yang akan diambil.
1. Konsistensi
2. Koherensi
v  Cara menguji autoritas
Seorang penulis yang objektif selalu menghidari semua desas-desus atau kesaksian dari tangan kedua. Penulis yang baik akan membedakan pula apa yang hanya merupakan pendapat saja atau pendapat yang sungguh-sungguh didasarkan atas penelitian atau data eksperimental.
1. Tidak mengandung prasangka
2. Pengalaman dan pendidikan autoritas
3. Kemashuran dan prestise
4.         Jelaskan perbedaan silogisme kategorial, silogisme hipotesis, dan silogisme alternatif!         Silogisme Kategorial
Silogisme kategorial disusun berdasarkan klasifikasi premis dan kesimpulan yang kategoris. Premis yang mengandung predikat dalam kesimpulan disebut premis mayor, sedangkan premis yang mengandung subjek dalam kesimpulan disebut premis minor.
Silogisme kategorial terjadi dari tiga proposisi, yaitu:
Premis umum : Premis Mayor (My)
Premis khusus :Premis Minor (Mn)
Premis simpulan : Premis Kesimpulan (K)
Dalam simpulan terdapat subjek dan predikat. Subjek simpulan disebut term mayor, dan predikat simpulan disebut term minor.
Silogisme Hipotesis
Silogisme yang terdiri atas premis mayor yang berproposisi konditional hipotesis.
Konditional hipotesis yaitu, bila premis minornya membenarkan anteseden, simpulannya membenarkan konsekuen. Bila minornya menolak anteseden, simpulannya juga menolak konsekuen
Silogisme Alternatif
Silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif.
Proposisi alternatif yaitu bila premis minornya membenarkan salah satu alternatifnya. Simpulannya akan menolak alternatif yang lain.
5.      Sebutkan jenis-jenis cara berfikir induktif !
Berpikir induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Hukum yang disimpulkan difenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti. Generalisasi adalah bentuk dari metode berpikir induktif.
Jenis-jenis berfikir induktif :
Ø  Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.
Ø  Analogi
Pemikiran ini berangkat dari suatu kejadian khusus ke suatu kejadian khususnya lainnya, dan menyimpulkan bahwa apa yang benar pada yang satu juga akan benar pada yang lain.
Ø  Hubungan Kausalitas
Berupa sebab sampai kepada kesimpulan yang merupakan akibat atau sebaliknya. Pada umumnya hubungan sebab akibat dapat berlangsungdalam tiga pola, yaitu sebab ke akibat, akibat ke sebab, dan akibat ke akibat. Namun, pola yang umum dipakai adalah sebab ke akibat dan akibat ke sebab.