PENGERTIAN
Ø
Keluarga (family) adlah kelompok yang terdiri dari dua atau lebih orang yang
berhubungan melalui darah, perkawinan atau adopsi dan tinggal bersama. Keluarga inti (nuclear family)
adalah kelompok langsung yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang tingga
bersama. Keluarga besar(extended
family) mencakup keluarga inti, ditambah kerabat lain, seperti kakek-nenek,
paman dan bibi, sepupu dan kerabat karena perkawinan. Keluarga dimana seseorang
dilahirkan disebut keluarga
orientasi(family of orientation), sementara keluarga
yang ditegakkan melalui perkawinan adalah keluarga prokreasi (family
of procreation).
Ø
Rumah tangga (household) adalah istilah
lain yang kerap digunakan oleh para pemasar sewaktu mendeskripsikan perilaku
konsumen. Rumah tangga berbeda dengan keluarga dalam rumah tangga
mendeskripsikan semua orang, baik yang berkerabat maupun yang tidak, yang
menempati satu unit perumahan. Baik untuk rumah tangga maupun keluarga, data
dapat digunakan oleh organisasi pemasaran untuk analisis makro maupun
pemasaran.
Kegiatan rumah
tangga meliputi berikut ini :
a)
Memiliki dan menyediakan faktor
produksi.
b)
Memperoleh imbalan balas jasa atas
penyerahan faktor produksi yang berupa sewa, upah, bunga dan laba.
1.
Sewa (rent) adalah balas jasa yang
diterima rumah tangga karena telah menyewakan tanahnya kepada pihak lain, misal
perusahaan.
2.
Upah adalah balas jasa yang diterima
rumah tangga karena telah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan
dalam produksi.
3.
Bunga adalah balas jasa yang diteirma
dari perusahaan karena telah emnggunakan sejumlah dana untuk modal usaha
persuaahan dalam kegaitan produksi.
4.
Laba (provit) adalah balas jasa yang
diterima karena telah mengorbankan tenaga dan pikirannya mengelola perusahaan,
sehingga kegiatan ekonomi dapat terlaksana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar