Senin, 20 Oktober 2014

TUGAS SOFTSKILS REVIEW JURNAL

JURNAL 1

Judul                                       : 
Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pencitraan PT. Pertamina Region I Sumbagut

Nama Peneliti                                     : Ahmad Fauzi ES

Tahun                                                  : 2012

Tempat Penelitian                              : PT. Pertamina Region I Sumbagut

Varibel yang diteliti                           : 
Corporate Social Responsibility, Deskriptif, Projective Quesioner

Hasil penelitian                                  :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kegiatan CSR yang diberlakukan oleh PT Pertamina Region I Sumbagut, dan mengetahui sejauh mana program CSR telah membentuk Citra yang positif. Teknik Penarikan Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampel dan Accidental. Purposive Sampel adalah Pengambilan sampel dengan teknik ini disesuaikan dengan tujuan penelitian, dimana sampel yang digunakan sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian. Kriteria sampelnya adalah para karyawan bagian Marketing & Trading PT. Pertamina (Persero) Region I Sumbagut. Accidental adalah Pengambilan sample yang dilakukan dengan cara mengambil siapa saja secara kebutuhan ditemukan. Setelah jumlahnya diperkirakan mencukupi maka pengumpulan data dihentikan.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, Program Corporate Social Responsibility merupakan program PT.Pertamina untuk turut memajukan masyarakat Indonesia, memberikan nilai tambah lebih terhadap masyarakat Indonesia, sekaligus untuk mendukung keberhasilan bisnis Pertamina secara berkelanjutan. Hampir keseluruhan karyawan pada bagian Marketing dan Trading meyakini bahwa program CSR yang dijalankan oleh PT Pertamina telah menyentuh masyarakat, juga mampu membentuk citra positif PT Pertamina dan menerima sambutan yang baik dari masyarakat. PT Pertamina Region I Sumbagut telah melaksanakan program CSR berupa peduli lingkungan, dan peduli kesehatan, misalnya dengan program gigi sehat, pembagian kacamata gratis, periksa kehamilan bagi ibu hamil dan pemberian sarana olahraga kepada masyarakat, dimana program-program CSR tersebut telah mampu membentuk citra positif PT.Pertamina


JURNAL 2

Judul                                       :
Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI 46 Malang
(Studi pada nasabah BNI 46 Malang Kantor Cabang Pembantu Universitas Negeri Malang)

Nama Peneliti                                     : Fahrian, Mohammad Iman

Tahun                                                  : 2011

Tempat Penelitian                              :
BNI Kantor Cabang Pembantu Universitas Negeri Malang

Varibel yang diteliti                           :
Kualitas Pelayanan Jasa (Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, empati), Loyalitas Nasabah

Hasil Penelitian                                  :
Pertumbuhan dunia perbankan dewasa ini semakin berkembang di Indonesia. Hal ini dengan ditandai banyak berdirinya bank - bank swasta, baik lokal maupun penanam modal asing. Masing-masing bank berusaha untuk menarik nasabah sebanyak-banyaknya dengan meningkatkan kualitas baik dari segi pelayanan, hadiah, produk, bunga, sampai dengan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang. Perusahaan penyedia jasa perbankan harus mulai berkonsentrasi pada loyalitas nasabah, bukan hanya pada kepuasan nasabah semata karena nasabah yang puas akan menjadi nasabah yang loyal.
Berdasarkan hasil penelitian, Kondisi Kualitas Pelayanan Jasa yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dalam mempengaruhi Loyalitas Nasabah BNI 46 Kantor Cabang Pembantu Universitas Negeri Malang tergolong sudah baik. Bukti Fisik mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah BNI 46 Kantor Cabang Pembantu Universitas Negeri Malang. Keandalan juga mempunyai pengaruh postif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah BNI 46 Kantor Cabang Pembantu Universitas Negeri Malang. Daya Tanggap juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah BNI 46 Kantor Cabang Pembantu Universitas Negeri Malang. Variabel Jaminan pun juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap


JURNAL 3

Judul                                       :
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang
Nama Peneliti                                     : Imroatul Khasanah
                                                               Octarina Dina Pertiwi

Tahun                                                  : 2010

Tempat Penelitian                              : Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang

Varibel yang diteliti                           :
Customer satisfaction, tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy

Hasil penelitian                                  :
Pada saat ini masalah kesehatan sudah menjadi kebutuhan yang utama bagi masyarakat. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini yang menjadikan Rumah Sakit St. Elisabeth dituntut untuk meningkatkan kualitas akan pelayanan jasa kesehatan yang lebih baik, tidak saja pelayanan kesehatan yang bersifat menyembuhkan saja, tetapi lembaga kesehatan juga dituntut untuk dapat memberikan kepuasan pasien rumah sakit.

Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini didukung oleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kehandalan R.S. St. Elisabeth berpengaruh positif terhdap kepuasan konsumen, sehingga kehandalan yang berkembang pada suatu objek rumah sakit dapat berakibat pada meningkatnya kepuasan konsumen rumah sakit. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen R.S. St. Elisabeth adalah jaminan. Oleh karena itu bagi rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan konsumen yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan jaminan / assurance bagi konsumen rumah sakit, misalnya dengan adanya jaminan terhadap kualitas pelayanan, hal ini diharapkan dapat tetap menjadi kenyamanan bagi pasien rumah sakit.